Monday, April 6, 2020

Learn Distancing Tidak Semudah Yang Kita Bayangkan

Virus Corona Terhadap Anak - Anak


Untuk kelangsungan program pendidikan di semua negara menerapkan metode Learn distancing. Pendidikan jarak - jauh sekarang menjadi satu - satunya mungkin untuk menghindari dari wabah virus corona.




Pendidikan jarak jauh, mau tidak mau membuat orang tua harus memberikan fasilitas tambahan pada anak, berupa laptop atau ponsel dan akses internet, selain itu orang tua harus memahami penggunaannya. Ini menjadi sesuatu yang tidak mudah bagi masyarakat ekonomi kurang mampu, yang sebelumnya anak - anak cukup bekal alat tulis dan buku sekarang mereka harus menggunakan ponsel atau laptop. Bagaimana jika anaknya banyak?


Bagaimana menengahi mereka yang rebutan menggunakannya sementara semua anak sama - sama memerlukan itu? Belum masalah koneksi internet dan kemampuan membeli kuota internet.


Dan masalah ini bukan hanya akan dirasakan oleh keluarga yang tidak mampu, hal ini juga akan dirasakan oleh para orang tua golongan menengah. Seperti baru - baru ini yang di lansir oleh The Jerussalem Post, jeritan Ibu yang begitu jadi kerepotan untuk membantu anak - anaknya menghadapi belajar jarak jauh


Ini ada ungkapan jeritan seorang Ibu yang berkewarganegaraan Israel yang memiliki empat orang anak di akun intagramnya


"Jika kita tidak mati karena korona, kita akan mati karena belajar jarak jauh"




Ini terjemahannya dalam bahasa Indonesia


Mendengarkan. Ini tidak berfungsi, pembelajaran jarak jauh ini. Serius, itu tidak mungkin! Ini gila!


Langsung di pagi hari, ini baru hari kedua. Jutaan pesan WhatsApp.


Saya punya empat anak, semoga mereka sehat. Bayangkan saja berapa banyak WhatsApps, berapa banyak guru untuk setiap anak, berapa banyak mata pelajaran per anak.


Saya hanya punya dua komputer di rumah. Sepanjang pagi mereka berebut komputer.


Salah satu guru putri saya berada di dunia mimpi dan berpikir dia akan bangun jam 8 pagi untuk melihatnya di layar. 8 pagi, dia hanya berhasil berguling di tempat tidur!


Di mana Anda turun?


Guru musik putra bungsu saya mengirim skor musik pagi ini. Apa yang akan saya lakukan dengan informasi itu? Apa, ada band di rumah? Saya tidak bisa membaca musik! Hanya satu detik, biarkan saya mengeluarkan klarinet saya dan membantu anak saya dengan nilainya.


Sudah cukup, panggil ke bawah, harapan mulai sirna.


Dan sepanjang hari, "Bagaimana ... perasaan anak? Bagaimana? Dia harus menggambar ... ”


Bagaimana perasaan anak sepanjang hari? Dia menghabiskan hari itu di ponselnya. Dia baik-baik saja. Tidur nyenyak. Makan enak - mereka tidak berhenti makan. Bagaimana perasaannya?


Tanya saya bagaimana perasaan saya. Hancur berkeping-keping!


Saya berpindah dari satu anak ke anak lainnya. Ini sains, ini matematika. Lupakan! Bagaimana aku bisa tahu segalanya?


Sekarang anak-anak kita akan mengetahui seberapa bodohnya kita. Itu tidak benar, sungguh.


Bagaimana saya bisa tahu bagaimana mengubah fraksi yang tidak tepat (mock fraction)?


Lagi pula, saya ingin mengerti. Jika itu pura-pura, mengapa repot-repot dengan itu? Itu tidak nyata! Tinggalkan dia sendiri!


Tinggalkan kami sendiri Apa yang saya katakan Ini baru hari kedua.


Jika kita tidak mati karena corona, kita akan mati karena pembelajaran jarak jauh.


Ini dia. Melepaskannya apa yang ada dadaku.


Silahkan. Menolaknya. Melepaskan gas. Biarkan mereka.


Saya punya empat anak, semoga mereka sehat. Bayangkan saja berapa banyak WhatsApps, berapa banyak guru untuk setiap anak, berapa banyak mata pelajaran per anak.




Intinya belajar online metode belum tepat digunakan namun kondisinya serba darurat yang memaksa setiap anak harus beradaptasi dengan kondisi sekarang. Penerapan learn distancing semoga hanya untuk kondisi darurat.


Dan tidak diberlakukan jika situasi sudah kembali normal. Untuk ke arah pendidikan yang berbasis internet dibutuhkan kesiapan infrasttuktur penunjang, budaya dan pengenalan IT pada semua lapisan.


Semoga ada manfaatnya.






Update kasus virus corona ditiap negara